efek semut

Selasa, 25 Desember 2012

Gambaran Yesus dalam kitab Rut

Gambaran Yesus dalam kitab Rut

by Rita Elisabeth on Thursday, July 26, 2012 at 5:31pm ·



Tema dari Kitab Rut  : Kasih yang menebus

Kitab Rut ditulis sekitar abad ke 10 SM.
Peristiwa-peristiwa dalam Kitab Rut terjadi ketika para Hakim memerintah (Rut 1:1). Kitab ini  menceritakan mengenai sebuah keluarga Israel yang menghadapi bencana kelaparan yang hebat di . Melihat dan menyaksinya kesuburan tanah di Moab maka akhirnya Keluarga ini memutuskan untuk pergi dan menetap di Moab sebagai orang asing sampai musim kekeringan berakhir. Keluarga Elimelekh dan Naomi mempunyai 2 orang putra yang bernama Makhlon dan Khylion .
Namun suatu bencana menimpa mereka dimana Elimelekh sebagai kepala keluarga meninggal, tak lama kemudian kedua anaknya yang sudah beristri juga meninggal.Ke 3 janda ini tak beranak kemudian di tinggalkan  tanpa ada yang mewarisi dan meneruskan nama keluarga mereka,  Naomi merasa  sangat sedih . Lalu Naomi mendengar bahwa Tuhan telah kembali memperhatikan dan memberikan makanan pada umatNya di Betlehem, karena itu Naomi  mau kembali ke Betlehem , Orpa memilih kembali kepada allah kafirnya tetapi  Rut nekat mengikuti Naomi sebab merasa bangsa Naomi adalah bangsa nya juga, Tuhan nya Naomi adalah Tuhan dari Rut juga , berarti dia sudah bersedia meninggalkan semua berhalanya.

Sekilas mengenai bangsa Moab:
- Moab adalah bangsa yang asalnya dari Lot(ponakan Abraham) yang berhubungan dgn anak perempuannya sendiri
  (In sex), itulah  mengapa bangsa ini dikutuk oleh Tuhan.
- Moab tdk diijinkan masuk dalam bait Allah, tdk boleh bergaul dgn bangsa Israel
- Moab adalah musuh dr Israel (menjadi duri dalam daging bangsa Israel)
- Moab menyembah berhala

Beberapa hal yang perlu kita pelajari dari Rut :
- Rut seorang yang mempunyai keyakinan (iman ) yang kuat
- Rut seorang yang teguh dan rajin
- Rut seorang yang mempunyai kesetiaan yang tinggi dan sangat mengasihi Naomi

Mereka sampai di Betlehem tepat pada musim panen jelai. Lalu Rut meminta ijin untuk memungut jelai karena Naomi sudah terlalu tua untuk bekerja di ladang. Rut bekerja di ladang Boas yang adalah masih merupakan saudara dekat dari Elimelekh. Meskipun Rut mempunyai iman yang kuat, teguh , rajin dan kesetiaan namun semua itu tidak mengubah status Rut sebagai orang dari  bangsa Moab kecuali ada orang Israel yang rela menjadi penebusnya . Menurut adat bangsa Yahudi Boas seharusnya menikahi Naomi tetapi Naomi menyuruhnya menikahi Rut, dan atas perkenan Allah , Boas mau menebus nya dan mengangkat dia menjadi  istri nya. Rut melahirkan anak dari Boas dan dinamai Obed , ayah dari Isai atau kakek dari pada Raja Daud (Rut 4:17). Tahukah saudara dari garis keturunan Rut (bangsa Moab) inilah lahir seorang juru selamat dunia yaitu Yesus Kristus (Matius 1:5). Rut telah ditebus oleh Boas dari status hamba menjadi istri, dan kita telah  ditebus oleh Kristus Yesus untuk  menjadi mempelai Nya.
Apa dampak pekerjaan penebusan Allah:
1. Menjadi mempelai Kristus
2. Melahirkan turunan sampai kelahiran Kristus.
 Kesimpulan :

1. Allah yang setia, selalu memperhatikan dan memelihara kehidupan anak-anakNya.
2. Allah sejak dahulu telah merencanakan keselamatan kepada bangsa kafir (Moab).
3. Boas sebagai penebus kerabat adalah lambang dari penebus agung Yesus Kristus.


 Yesus dalam Kitab Rut sebagai Penebus kita (Ps.Robinson D, 12 Juli '12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar