Jenis-jenis
Latihan
|
||
1
|
-
|
Penjelasan
instruktur mengenai pokok2 yang harus diketahui oleh seorang pengemudi
|
-
|
Perkenalan
instrumen mobil dan cara penggunaanya
|
|
2
|
Penguasaan
Teknik Kendaraan
|
|
a)
|
Start
|
|
b)
|
Oper
gigi
|
|
c)
|
Berhenti
|
|
d)
|
Belok
kiri / kanan
|
|
3
|
Memberhentikan
mobil secara mendadak atas perintah instruktur tanpa ada kekeliruan / mesin
mati
|
|
4
|
menghadapi
problem lalu lintas:
|
|
a)
|
Berjalan
dengan sempurna di jalan raya, cara2 berbelok ke kanan / ke kiri dengan cara
melewati persimpangan
|
|
b)
|
Tetap
berjalan di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat
|
|
c)
|
Mengejar
dan melewati kendaraan lain dengan cara yang benar
|
|
d)
|
Waktu
Latihan di jalan umum harus mentaati dan memperhatikan segala peraturan lalu
lintas
|
|
5
|
Latihan
ketrampilan ( di lakukan di lapangan)
|
|
a)
|
Jalan
mundur lurus sejauh 20meter
|
|
b)
|
Memutar
kendaraan di tempat yang terbatas (diantara 2 bh mobil)
|
|
6
|
Latihan
Ujian
|
|
a)
|
Parkir
kiri kanan
|
|
b)
|
Mundur
lurus 20 meter
|
|
c)
|
Berhenti
di tanjakan tanpa menggunakan rem
|
|
d)
|
Tanjakan,
maju/mundur
|
|
Urutan
pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki
kanan secara bergantian)
|
||
Menghidupkan
mobil dalam keadaandi gigi nol
|
||
1)
|
Pasang
tali / sabuk pengaman
|
|
2)
|
cek
posisi persneling di gigi nol
|
|
3)
|
Putar
kunci untuk menghidupkan mesin
|
|
4)
|
Turunkan
Rem Tangan
|
|
5)
|
Injak
kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
|
|
6)
|
Angkat
kopling pelan2 kemudian tahan kopling saat mobil mulia bergerak
|
|
7)
|
sambil
Injak gas sedikit demi sedikit sampai mobil berjalan stabil
|
|
Memundurkan
mobil ------>>>
|
||
1)
|
Injak
kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
|
|
2)
|
Angkat
kopling pelan2
|
|
Rasakan
sampai mobil terasa bergerak mundur
|
||
Atur
bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku
sampai dengan � kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat
agar mesin tidak mati)
|
||
Ganti
gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)
|
||
1)
|
Injak
kopling habis
|
|
2)
|
Angkat
gas
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke posisi yang dikendaki
|
|
4)
|
Angkat
kopling pelan2
|
|
5)
|
Injak
gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan
seharusnya
|
|
6)
|
Lepaskan
kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak gas saja
|
|
Jika
melalui polisi tidur
|
||
1)
|
Angkat
gas, tempel pedal rem
|
|
2)
|
Injak
kopling habis, pindahkan ke gigi 1
|
|
3)
|
Angkat
kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku
sampai � kopling
|
|
atau
kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
|
||
4)
|
jika
dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil
bisa melewati polisi tidur
|
|
5)
|
Setelah
dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2
|
|
Menambah/mengurangi
gigi
|
||
1)
|
Injak
kopling habis
|
|
2)
|
Angkat
gas
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke gigi yang dikehendaki
|
|
3)
|
Tempel
gas
|
|
4)
|
Angkat
kaki dari kopling pelan2
|
|
Menghentikan
mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
|
||
1)
|
Injak
rem pelan2 sampai terasa mobil hampir berhenti
|
|
2)
|
Injak
kopling habis
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 0
|
|
4)
|
Angkat
rem tangan
|
|
Menghadapi
macet di lampu merah menggunakan rem
|
||
1)
|
Injak
kopling habis
|
|
2)
|
Tempelkan
kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 1
|
|
3)
|
Angkat
kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
|
|
atau
injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
|
||
Menghadapi
macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari
gang ke jalan raya
|
||
1)
|
Injak
kopling habis
|
|
2)
|
Tempelkan
kaki di rem
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 1
|
|
3)
|
Angkat
kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
|
|
4)
|
atau
injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
|
|
5)
|
Tempel
kaki di gas
|
|
Berhentikan
mobil: Angkat
kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)
|
||
Jalankan
mobil merayap: Angkat
kopling sekuku
|
||
Dengan
posisi ini mobil akan berjalan merayap
|
||
Belok
balik (berputar balik 180o) ke kanan
|
||
1)
|
Jika
mobil melaju terlalu cepat
|
|
2)
|
Angkat
gas
|
|
3)
|
Injak
kopling habis
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 1
|
|
4)
|
Angkat
kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak
perlahan), dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan merayapnya
mobil, lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin lewat maka injak
lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel gas (sebaiknya dipilih
memberhentikan mobil dengan menempel gas agar jika mau jalan lagi tinggal
lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). Jika jalur sudah bebas
hambatan, angkat kopling sekuku (mobil merayap maju)
|
|
5)
|
Putar
stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam keadaan
mobil diam/berhenti, bisa merusak komponen mobilnya nanti) (lihat jalur
apakah bebas atau tidak)
|
|
-
Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling sekuku
(mobil akan maju merayap),
kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku |
||
-
Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku
dengan menempel rem
|
||
(biasanya
jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit)
|
||
-
Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan
merayap maju kembali)
|
||
6)
|
Setelah
mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus, segera putar balik stir
2x ke kiri sambil mobil maju merayap
|
|
-
Jika mobil sudah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu lintas),
angkat kopling perlahan, jika sudah sesuai dengan kondisi jalan yang
dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil hanya diatur
oleh gas
(gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja jika berada di dalam kota) |
||
Menghidupkan
mobil yang mati mesin tiba2
|
||
1)
|
Jangan
panik !
|
|
2)
|
Injak
kopling habis
|
|
3)
|
Hidupkan
mesin
|
|
4)
|
Angkat
kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
|
|
-
Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
|
||
- Jika mobil sudah bergerak stabil,
angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja
|
||
Macet
di jalan tanjakan
|
||
1)
|
Gigi
dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalanan macet)
|
|
2)
|
Injak
kopling habis
|
|
3)
|
injak
penuh rem Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergetar
|
|
Jika
jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit(jangan
terlalu besar)
|
||
Jika mobil didepan berhenti di
tanjakan , injak kopling habis, injak rem
|
||
Jika
mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan , angkat kopling
perlahan(rasakan sampai mobil bergetar agar mobil tidak mundur ketika melapas
rem), baru lepaskan rem, tempel gas
|
||
Jika
mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke
gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di
depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, injak pedal
rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku sampai mobil terasa
bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur), tempel gas
|
||
Tanjakan
tanpa menggunakan rem
|
||
1)
|
Gigi
dalam posisi gigi 1
|
|
2)
|
Injak
kopling
|
|
3)
|
Angkat
kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN)
|
|
4)
|
Injak
kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan
berhent, MOBIL BERHENTIi)
|
|
5)
|
Angkat
kopling sekuku mobil akan merayap maju kembali, bila kopling di injak mobil
akan mundur.
|
|
Untuk
berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak
dan angkat kopling sekuku dan sedikit gas
|
||
Tiba2
ada orang menyeberang
|
||
1)
|
Angkat
gas
|
|
2)
|
Injak
rem
|
|
3)
|
Injak
kopling habis
|
|
Macet
di jalan rata
|
||
1)
|
Gigi
dalam posisi gigi 1
|
|
2)
|
Injak
kopling habis
|
|
3)
|
Angkat
kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
|
|
Jika
mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku
sambil injak gas sedikit
|
||
Kombinasi
kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik digunakan
sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling sambil tempel
gas. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan kombinasi
kopling dan gas !
|
||
Jika
mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, lalu angkat
kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap
|
||
Jika
mobil di depan mulai berhenti perlahan, injak kopling penuh(rasakan sampai
terasa mobil berhenti perlahan)
|
||
Jika
mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke
gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di
depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, masukkan
gigi ke gigi 1, angkat kopling sampai terasa mobil maju jika perlu boleh
tambahkan dengan menginjak gas
|
||
Macet
di jalan turunan
|
||
1)
|
Gigi
dalam posisi gigi 0
|
|
2)
|
Mainkan
rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di
gas
|
|
Mobil
sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap
|
||
1)
|
Injak
rem perlahan
|
|
2)
|
Injak
kopling habis, pindahkan ke gigi 1
|
|
3)
|
Angkat
kopling sekuku biarkan mobil maju merayap
|
|
4)
|
jika
mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling dan tempel rem
|
|
Menghentikan
mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan
|
||
1)
|
Injak
kopling habis
|
|
2)
|
Tempelkan
kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan
menginjak rem terlalu cepat) lepaskan rem sebelum mobil benar benar berhenti
|
|
3)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 0
|
|
3)
|
Angkat
rem tangan
|
|
Berhentikan
mobil ketika mundur
|
||
1)
|
Angkat
gas
|
|
2)
|
Injak
rem perlahan2
|
|
3)
|
Injak
kopling habis
|
|
Melambatkan
jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap)
|
||
1)
|
Posisi
gigi di R, angkat gas, tempel rem
|
|
2)
|
Injak
kopling, angkat/lepas rem
|
|
3)
|
Angkat
kopling sekuku
|
|
Perhatikan
! Jika sudah dapat berhenti dengan � kopling
+ tempel gas, maka jika gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak
|
||
Parkir
maju
|
||
1)
|
Lewati
mobil badannya
|
|
2)
|
Belokin
stir
|
|
3)
|
Jalankan
mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku
|
|
Mundur/parkir
ke kanan
|
||
1)
|
Putar
stir habis ke kanan
|
|
2)
|
Mundur
merayap(dgn cara mengatur kopling)
|
|
3)
|
Segera
putar balik stir(setelah dalam posisi lurus)
|
|
4)
|
Mundur
lurus
|
|
Parkir
mundur ke kanan
|
||
1)
|
Injak
kopling habis
|
|
2)
|
Pindahkan
gigi ke R
|
|
3)
|
Tempel
rem
|
|
4)
|
Mundur
lurus
|
|
5)
|
Jalankan
mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan - berhenti - jalan - berhenti
-jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, lalu angkat lagi kopling
sekuku, tahan
|
|
6)
|
Mata
lihat ke kaca spion
|
|
7)
|
Perhatikan:
Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar
|
|
Jika
pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan
tempat parkir maka Injak kopling
|
||
8)
|
Putar
stir habis kekanan 2 x putaran
|
|
9)
|
Angkat
kopling sekuku
|
|
10)
|
Jika
jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas
|
|
11)
|
Jika
kira2 mobil sudah masuk, luruskan mobil dengan cara injak kopling
|
|
12)
|
Putar
balik stir 2 x ke kiri
|
|
13)
|
Angkat
kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir
|
|
Jika
ingin parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan kurang sedikit pantat
mobil dari ujung jalan (lebihkurang sebesar 1 x badan manusia)
|
||
Jika
ingin parkir agak ke tengah (jika tempat parkir agak besar) maka start mobil
di belokkan pas di ujung jalan belokan itu
|
||
14)
|
Injak
kopling
|
|
15)
|
Tempel
rem
|
|
16)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 0
|
|
17)
|
Angkat
rem tangan
|
|
18)
|
Lepaskan
kaki dari kopling dan pedal rem
|
|
19)
|
Copot
safety belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembog stir mobil,
buka pintu
|
|
Jika
kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil, maka
|
||
1)
|
Injak
kopling
|
|
2)
|
Pindahkan
gigi ke gigi 1
|
|
3)
|
Majukan
mobil sedikit, jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil
agar lurus dengan cara putar balik stir)
|
|
4)
|
Mundurkan
mobil dengan cara Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling sekuku
tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekuku tahan, begitu seterusnya sampai
posisi mobil benar2 masuk.
|
|
Jangan
lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang
melalui kaca spion
|
||
5)
gunakan sepion tengah untuk melihat belakang tepat
|
||
Perhatian
:
|
||
1)
|
Stir
tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban , poros
ban , dan tie rod
|
|
2)
|
Kalau
jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem
tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak, dapat merusak
mekanik kopling
|
|
3)
|
Rem
kaki tidak boleh ditekan terus tapi harus dengan pola angkat, injak, angkat,
injak (misalnya ketika turunan panjang ) sebab dapat menyebabkan rem terbakar
|
|
4)
|
Pakailah selalu gigi 1 jika melalui
jalan yang berlubang2
|
|
5)
|
Untuk
perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1
dan 2 saja
|
|
6)
|
Kuasai
emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat
|
|
7)
|
Gigi
1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan
|
|
8)
|
Gigi
4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan (semakinbanyak gigi semakin
kecil power mesin)
|
|
9)
|
Untuk
menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak
dan sekaligus
|
|
10)
|
�
kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan,
mundur, belok/memutar mobil, dan parkir
|
|
11)
|
Gigi
3 untuk jalan raya besar
|
|
12)
|
Gigi
2 untuk jalan raya kecil/sempit
|
|
TIPS
:
|
||
1)
|
Bagian
mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mobil: tempat busi, dan tempat
injection
|
|
2)
|
Mesin
hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin
cepat karatan jika kena air
|
|
3)
|
Jika
mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta disemprot
sebab sarngan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar
|
|
4)
|
Sampai
jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer
|
|
5)
|
Jika
stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring
|
|
6)
|
Seminggu
sekali sebaiknya ganti air aki
|
|
7)
|
Tune
up jangan terlalu sering
|
|
8)
|
Saringan
bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor
|
|
9)
|
Bensin
jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik
|
|
10)
|
Mencuci
mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil
|
|
11)
|
Setelah
jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti
|
|
12)
|
Jangan
terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja
karena dapat membuat mesin panas !
|
|
Sebab
bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang tenaga
meskipun sebenarnya mesin baik2 saja.
Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik. Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali. |
||
Fungsi
kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (transmisi)
|
||
Menginjak
kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin mobil tidak mati
saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya jangan
terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai perpindahan
gigi, langsung lepas pedal kopling.
|
||
Yang
sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih
memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu cara
yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun
terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik posisikan netral
sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan.
|
||
Ketika
kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga
praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju
kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling
dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan
menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak
menuju persneling.
|
||
Pada
saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang
diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah
menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas
kopling - fly wheel - matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat
tipisnya kanvas kopling
|
||
13)
|
Biasakan
menggunakan oli merk PRIMA (beli di pertamina)
|
|
14)
|
Mobil
di tempat kursus biasa pakai oli merk ADNOC (warna hijau) karena mobilnya
dipakai terus menerus
|
|
15)
|
Panaskan
mobil tiap hari selama 10 menit (jangan menginjak gas besar mendadak waktu
proses pemanasan)
|
|
16)
|
Merk
cat mobil dihapalin, minta contoh cat ke dealer atau minta secukupnya
|
|
17)
|
Bila
mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada tempat yang kena lalu cuci
pakai shampoo
|
|
18)
|
Jika
mengelap kaca harus sampai kering
|
|
19)
|
Saringan
udara dan busi original bekas simpan saja jangan dibuang
|
|
20)
|
Pakailah
lap mobil merk CANEBO, lap ini full terbuat dari karet, jiak ditarik akan
terasa melar
|
|
21)
|
Harga
kunci stir kira2 Rp. 50.000,-
|
efek semut
Jumat, 01 Februari 2013
HAL-HAL YANG DIAJARKAN DALAM KURSUS MENGEMUDI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
kalau kursus stir mobil online gimana gan ? hehehe, gak bisalah
BalasHapuskalau kursus stir mobil online gimana gan ? hehehe, gak bisalah
BalasHapusAda Om stir dan mobilnya online. Hahaha
BalasHapusTerima kasih informasinya 🙏
BalasHapuskalau belanja online ada deh hehehehe
BalasHapusAda yg mau kursus mobil ?? Sama saya aja . sediakan mobil sendiri saya siap membantu ... Harga kursus bayar seiklasnya . hub wa. 083166581499(Fandy)
BalasHapusDan kalau ada yg butuh supir luar kota dan dalam .. Saya siap membantu .
BalasHapusSO GOOD . THANK YOU VERY MUCH
BalasHapusTerima kasih infonya bagus buat refreshment bagi yg sudah bisa dan pemula bu rita elisabeth god bless you...
BalasHapus